Wednesday, May 23, 2012

Pidato Kesan dan Pesan dari Siswa yang Meninggalkan

Berhubung karena sekarang ini lagi masa-masanya menunggu acara Seremoni Penamatan di Sekolah, biasanya pada acara tersebut terdapat susunan acara pidato kesan-pesan dari siswa yang meninggalkan dan siswa yang ditinggalkan. Jadi, mungkin ada yang lagi  membutuhkan bagaimana contoh naskah pidato tersebut. Di bawah ini adalah contoh naskah pidato perpisahan sekolah, semoga bisa dijadikan referensi.

    Pidato Kesan dan Pesan dari Siswa yang Meninggalkan


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
 
Yang terhormat Bapak Bupati Kabupaten Enrekang beserta rombongan, yang terhormat Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Enrekang, yang terhormat Bapak Kepala Madrasah, yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan staf MAN Baraka,  teman-teman siswa-siswi  MAN Baraka, serta hadirin dan hadirat yang kami muliakan.


Alhamdulillahirabbil Alamin, assalatu wassalamu ala asrafil anbiyai wal mursalin waala alihi wa ashabihi ajmain amma ba’ad.
Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT  karena atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nya lah sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan siswa/siswi  kelas XII yang diselenggarakan  di madrasah kita yang tercinta ini. Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah  menjadi uswatun hasanah bagi kita semua.

Para hadirin yang saya hormati,
Izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata  dalam  rangka acara perpisahan ini. 
Tanpa terasa waktu terus bergulir, 3 tahun telah berlalu, masih teringat beberapa tahun yang lalu kami memulai aktifitas belajar  di madrasah yang tercinta  ini, di mana kami menerima banyak ilmu dan pengalaman berharga.  Selama 3 tahun  di sini, tentunya  banyak kenangan berharga  yang  tidak akan pernah kami lupakan, baik itu pengalaman  bahagia dan sedih, suka maupun duka, serta tawa dan tangis, semuanya melebur menjadi kenangan berharga dalam tapak  kehidupan kami.  Kenangan kebersamaan kami  dengan  para  guru maupun teman-teman sekalian.


Bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian
Selama bersekolah, kami sebagai siswa dan siswi sangat bangga dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  seluruh elemen pendidik di sekolah ini,  dan tak lupa pula kami mengucapkan  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  semua guru yang telah mengajar  kami, yang sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Para guru yang ikhlas dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada kami. Berkat jerih payah  anda semua, kamiakhirnya  dapat  menyelesaikan pendidikan  di  tingkat madrasah aliyah. Sungguh jasa-jasa kalian akan selalu  kami kenang dan  akan  senantiasa  terpatri di dalam sanubari.


Jujur kami tidak mampu membalas segala kebaikan Bapak dan Ibu dalam bentuk materi  atau  kebaikan serupa dengan apa yang telah kalian berikan, kami hanya dapat  melantunkan  iringan doa yang tulus dan ikhlas  semoga Allah Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan,  dan kebahagiaan  kepada  semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini sehingga dapat terus mengabdi dan membimbing, serta menjadikan generasi muda pelanjut  bangsa  menjadi orang-orang yang  bermanfaat bagi agama, umat dan bangsa.


Hadirin dan hadirat yang  berbahagia,

 
Kami menyadari bahwa selama mengenyam pendidikan di  sekolah ini banyak sudah kelakuan dan sikap kami yang tidak berkenan di hati para pendidik dan seluruh elemen pendidik, kami sering tidak mematuhi petuah kalian, sering melanggar aturan sekolah,  sengaja atau tidak sengaja kami pernah menyakiti hati Bapak dan Ibu guru,  dan kami  sadar bahwa kesuksesan tidak akan dapat kami raih baik di dunia maupun di akhirat, ketika  masih banyak  noda-noda  yang menghalangi,  disebabkan kesalahan-kesalahan kami  dahulu kepada  kalian.   Oleh karena itulah, izinkan kami memohon maaf  yang sebesar-besar  atas  segala kekhilafan kami.


Selanjutnya, untuk adik-adik kelas kami. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian, karena kita sudah bersama-sama  dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagai  kakak  kelas, kami hanya bisa berpesan  agar kalian belajar dengan lebih  tekun, perbaikilah  sikap dan perilaku kalian, tunjukkan pada orang-orang bahwa  siswa-siswi  MAN Baraka juga  bisa unggul. Tirulah segala  perilaku positif kami  dan  tinggalkan  hal-hal negatif  yang  kami  perbuat  selama   berada di sekolah ini, agar kalian dapat menjadi pribadi-pribadi yang lebih sukses.  Mohon maafkan,  jika selama ini kami kurang bisa menjadi  teladan  yang baik. Sukses selalu buat adik-adik, doa kami menyertai  kalian. 

Akhirnya, kami memohon kepada seluruh hadirin  kiranya  dapat  mengiringi langkah  kepergian kami dengan  doa  yang tulus   agar Allah Yang Maha Kuasa dapat meridhai perjalanan hidup kami sehingga  nantinya kami  menjadi orang-orang yang bermanfaat dan sukses dunia wal akhirat.


Sekian  kesan dan pesan dari kami, mudah-mudahan  mendatangkan  berkah bagi kita semua, lebih kurangnya mohon  dimaafkan, Wabillahi  taufik walhidayah.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh




Itulah contoh pidato perpisahan sekolah, selanjutnya bagi yang membutuhkannya, bisa diedit dan diperbaiki.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Masukkan Komentar Anda