Friday, July 3, 2009

Islam Agama Rahmatan lil-alamin


ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL-ALAMIN

Islam berasal dari kata arab “salam” yang berarti keselamatan, berdasarkan pengertian tersebut berarti islam itu adalah agama yang bertujuan untuk menyelamatkan manusia dari sesuatu yang buruk ke arah yang lebih baik di dunia lebih-lebih di akhirat. Manusia diciptakan Allah swt sebagai khalifah di atas bumi ini yang menjadi pemimpin atas makhluk lainnya. Manusia dengan kelebihan yang dimilikinya yaitu potensi fisik, hati, akal, sampai panca indra yang sempurna yang dengannya itu sangat berperan vital terhadap eksistensi seluruh makhluk nyata yang diciptakan Allah di bumi ini. Dengan kata lain manusia sebagai aktor utama dalam skenario kehidupan dunia yang diciptakan Allah. Oleh karena itu, maksud konsep islam sebagai “rahmatanlilalamin” yaitu bahwa agama islam itu diturunkan Allah Swt. melalui utusannya nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi semesta alam. Rahmat adalah pengejewantahan dari kata-kata selamat, mengayomi, melindungi, membimbing, dan memberikan kedamaian lahir maupun batin. Kata-kata yang mengandung arti keselamatan itu tidak hanya tertuju terhadap keselamatan manusia terhadap manusia saja, namun lebih dari itu manifestasi dari Islam itu termasuk perbuatan baik manusia terhadap seluruh makhluk ciptaan Allah di bumi ini seperti binatang, tumbuh-tumbuhan, air, lingkungan, gunung, sampai tanah yang kita pijak, dan seluruh kekayan alam yang ada di bumi ini. Alangkah tidak pantas jika ada seseorang yang mengaku dirinya beragama islam, namun keberadaannya di suatu tempat menjadikan materi yang ada di sekitarnya terganggu keselamatannya. Contohnya seseorang yang merasa dirinya islam namun, jika berada di dekat orang-orang, maka orang yang berada disekitarnya merasa tidak nyaman atau jika ada seseorang yang merasa dirinya beragama islam namun suka mengganggu atau membunuh binatang secara batil dan melakukan pemotongan pohon secara seenaknya tanpa memperhatikan fungsi pohan tersebut. Itulah hakikat penciptaan manusia di atas bumi ini yaitu sebagai khalifah, pemimpin, atau yang diembankan amanah mengatur seluruh materi-materi nyata yang ada di bumi ini.

Pada dasarnya seluruh mahkluk nyata yang Allah ciptakan di atas permukaan bumi ini fitrahnya adalah untuk bermanfaat kepada manusia itu sendiri. Sebagaiman air yang menjadi sarana untuk kehidupan seluruh mahkluk, yang oleh karena kecerdasan manusia dikelola untuk diminum sendiri atau untuk kepeluan binatang ternaknya dan untuk mengairi tumbuh-tumbuhan seperti padi di sawahnya. Sebaliknya Binatang ternak dan tumbuh-tumbuhan itu digunakan kembali untuk keperluan manusia untuk dikonsummsi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa memanifestasikan islam sebagai rahmatan lil-alamin di dalam diri kita, yaitu kedamaian, keselamatan, rahmat bagi seluruh material yang Allah ciptakan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Masukkan Komentar Anda